Sabtu, 29 Maret 2014

Lukisan Robin

Ternyata bakat hanyalah beberapa % penunjang kreatifitas, sebagian besar dipengaruhi oleh pendidikan dan latihan.

Lukisan Robin setelah les lukis.

Sabtu, 22 Maret 2014

Implementasi Kurikulum 2013

Setelah mengikuti diklat kurikulum 2013 selama 3 hari saya mempunyai pemahaman sementara tentang kurikulum 2013 untuk mapel IPA bahwa pembelajaran di sekolah diharapkan menghasilkan siswa yang berakhlak mulia, kreatif dan kritis serta terampil.

Penilaian menekankan pada proses serta  guru hanya sebagai fasilitator. Proses pembelajaran diharapkan dapat merangsang siswa untuk aktif berpikir dan memecahkan masalah secara mandiri.

Minggu, 16 Maret 2014

Praktek Tata Boga

Setelah 3 tahun menempuh pendidikan, siswa kelas 9 harus melakukan praktek
Saat ini mereka praktek penyajian makanan pagi dan siang


Minggu, 02 Maret 2014

Pameran kelas IX

Saat siswa belajar di kelas tentang teori, bisa jadi mereka bosan, mengantuk, malas dan sebagainya, tapi saat kegiatan seperti pameran ini, bahkan anak yang terkenal pemalas dan pembangkang pun jadi rajin dan bersemangat.

Senin, 18 November 2013

Pengalaman Batin Menuju Baitullah

Perjalanan kali ini, bukan perjalanan biasa. Sebelum bulan puasa, kita sudah dihubungi untuk melunasi biaya untuk berangkat haji. Tapi perasaanku masih belum yakin bisa berangkat karena ada kabar bahwa kuota haji dipangkas 20%.
Pada saat panggilan 1 untuk foto paspor, barulah aku agak yakin karena sudah diumumkan peserta yang tertunda karena ada pemangkasan kuota.
Perasaanku seakan-akan tidak percaya dan seperti mimpi yang menjadi nyata karena bisa berangkat tahun ini, hal ini adalah anugerah dan panggilan dari Allah. Aku sangat bersyukur.

Selasa, 10 September 2013

Percobaan asam basa

Pembelajaran hari ini sudah ditunggu-tunggu oleh siswa karena mereka sudah merencanakannya sejak minggu lalu.
Pembelajaran hari ini tentang identifikasi asam basa dengan kertas lakmus. Seminggu yang lalu saya sudah meminta siswa untuk membawa alat yang diperlukan, sedangkan bahan larutan akan disediakan di sekolah.
Hari ini, kami ingin menguji larutan kapur, larutan sabun, jus tomat, air mineral, larutan gula, larutan garam, spirtus dan cuka. Semua bahan saya sediakan, kecuali jus tomat yang dibawa siswa.
Oleh karena di sekolah belum tersedia tabung reaksi atau beaker glass yang cukup, maka sebelumnya saya meminta siswa untuk membawa gelas aqua bekas dari rumah yang dipotong separuh.
Setelah siswa duduk dengan membentuk kelompok yang beranggota 4 orang, setiap kelompok mengambil bahan yanh telah disediakan termasuk kertas lakmus merah dan biru serta Lembar Kegiatan Siswa.
Untuk prosedur yang tercantum di LKS, saya menuntun siswa untuk memasukkan kertas lakmus biru ke dalam sebuah larutan kemudian memperhatikan warna kertas saat berada di dalam larutan kemudian menuliskan pada tabel, kemudian memasukkan kertas lakmus merah dan memperhatikan warna kertas saat di dalam larutan lalu hasilnya dituliskan di tabel. Demikian seterusnya sampai semua larutan dapat diuji.
Siswa terlihat bersemangat sehingga tanpa terasa, waktu 40 menit hampir habis dan siswa dapat menyebutkan larutan mana saja yang termasuk asam, basa dan netral.

Senin, 19 Agustus 2013

Kursus Online Teaching and Learning 1 (minggu 1)



Sejak minggu lalu aku mengikuti kursus online tentang Teaching and Learning yang diadakan oleh www.coursera.org, ternyata walaupun aku telah mengajar lebih dari 10 tahun, tapi saat mengikuti kursus ini rasanya pandanganku dan pengetahuanku tentang belajar dan mengajar serasa terlalu dangkal dan masih banyak yang harus aku pelajari.

Kursus ini diadakan oleh Commenwealth of Education Trust dan materi disampaikan oleh 
Profesor Mac Beath

Kursus ini terbagi dalam 4 minggu, setiap minggu diadakan kuis. Perminggu ada 4 materi yang harus dipelajari yang disediakan dalam bentuk video, power point dan text.

Kursus minggu 1
Video 1 Tentang kursus
Tujuan mengajar : bukan untuk menghasilkan pembelajaran, tapi untuk menghasilkan kondisi untuk pembelajaran.
Kursus minggu 1 video 2
Pertanyaan penting :
  • Apa arti menjadi guru?
  • Apa yg sudah saya pelajari tentang mengajar?
  • Apa pengalaman mengajar saya yang paling kuat?
 Hal yang berkaitan dengan mengajar :

1.       Rencana mengajar
2.       Peserta didik dan pembelajaran
3.       Kurikulum
4.       Ujian
5.       Profesionalitas
6.       Hubungan dengan pihak lain

Yang harus kita ketahui sebelum membuat rencana pembelajaran :

1.       Siapa peserta didik kita?

2.       Apa yang mereka ketahui, mereka rasakan  dan mereka kerjakan?

3.        Bagaimana kita mendorong murid kita ke jalan yang benar dan berarti bagi mereka?

4.       Apa strategi yang paling efektif untuk menggiatkan pembelajaran?

5.       Apa teori pokok dalam pembelajaran?

Pertanyaan tentang kurikulum :

1.       Apa arti ‘kurikulum’ bagi kita?

2.       Adakah pengertian yang lain dari ‘kurikulum’?

3.       Apa perbedaan pengertian kedua ‘kurikulum tersebut?

4.       Apa hubungan antara murid saya dengan kurikulum?

5.       Bagaimana saya menggunakan kurikulum untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran pada siswa?

Rencana Mengajar dan pembelajaran (rencana persiapan pembelajaran)

1.       Formulating Goals (menetapkan tujuan)

2.       Engaging student (mempersiapkan siswa)

3.       Planning lessons (Perencanaan pelajaran)

4.       Organising resourses (mengatur sumber belajar)

5.       Developing strategis (mengembangkan strategi)

6.       Comunicating achievement (komunikasi yang baik)

Macam-macam tes

1.       Tes diaknostik

2.       Tes formatif

3.       Tes sumatif

4.       Rapor

Diantara ketiga tes tersebut harus ada feedback atau evaluasi bagi kita.
Pengembangan hubungan dengan :

1.       Siswa

2.       Teman sejawat

3.       Keluarga

4.       Komunitas yang lebih luas

5.       Kepala sekolah

Apa pengertian menjadi guru professional?

1.       Etika (sopan santun)

2.       Kode etik dan standar mengajar

3.       Tanggung jawab secara administrative

4.       Filisofi pribadi dalam mengajar

5.       Menjadi bagian dari komunitas pembelajaran untuk berbagi ilmu

6.       Mencari nasehat bagaimana meningkatkan pengajaran

7.       Rencana pengembangan masa depan sebagai guru

Apa yang kita inginkan untuk anak-anak kita?
Menurut Gadner  (1999) , saya ingin anak-anak saya mengerti tentang dunia bukan hanya Karena dunia sangat menarik dan pikiran manusia sangat ingin tahu , tapi saya ingin mereka mengerti dunia agar mereka dapat membuat dunia lebih baik.

Pengetahuan tidak sama dengan moral, tapi kita harus mempunyai pengetahuan untuk menghindari kesalahan masa lalu dan bergerak kea rah yang produktif. Bagian penting dari pengertian ini  adalh mengetahui siapa kita dan apa yang dapt kita lakukan. (Gagner 1999, 180-181