Ternyata bakat hanyalah beberapa % penunjang kreatifitas, sebagian besar dipengaruhi oleh pendidikan dan latihan.
Lukisan Robin setelah les lukis.
Ternyata bakat hanyalah beberapa % penunjang kreatifitas, sebagian besar dipengaruhi oleh pendidikan dan latihan.
Lukisan Robin setelah les lukis.
Setelah mengikuti diklat kurikulum 2013 selama 3 hari saya mempunyai pemahaman sementara tentang kurikulum 2013 untuk mapel IPA bahwa pembelajaran di sekolah diharapkan menghasilkan siswa yang berakhlak mulia, kreatif dan kritis serta terampil.
Penilaian menekankan pada proses serta guru hanya sebagai fasilitator. Proses pembelajaran diharapkan dapat merangsang siswa untuk aktif berpikir dan memecahkan masalah secara mandiri.
Perjalanan kali ini, bukan perjalanan biasa. Sebelum bulan puasa, kita sudah dihubungi untuk melunasi biaya untuk berangkat haji. Tapi perasaanku masih belum yakin bisa berangkat karena ada kabar bahwa kuota haji dipangkas 20%.
Pada saat panggilan 1 untuk foto paspor, barulah aku agak yakin karena sudah diumumkan peserta yang tertunda karena ada pemangkasan kuota.
Perasaanku seakan-akan tidak percaya dan seperti mimpi yang menjadi nyata karena bisa berangkat tahun ini, hal ini adalah anugerah dan panggilan dari Allah. Aku sangat bersyukur.
Pembelajaran hari ini sudah ditunggu-tunggu oleh siswa karena mereka sudah merencanakannya sejak minggu lalu.
Pembelajaran hari ini tentang identifikasi asam basa dengan kertas lakmus. Seminggu yang lalu saya sudah meminta siswa untuk membawa alat yang diperlukan, sedangkan bahan larutan akan disediakan di sekolah.
Hari ini, kami ingin menguji larutan kapur, larutan sabun, jus tomat, air mineral, larutan gula, larutan garam, spirtus dan cuka. Semua bahan saya sediakan, kecuali jus tomat yang dibawa siswa.
Oleh karena di sekolah belum tersedia tabung reaksi atau beaker glass yang cukup, maka sebelumnya saya meminta siswa untuk membawa gelas aqua bekas dari rumah yang dipotong separuh.
Setelah siswa duduk dengan membentuk kelompok yang beranggota 4 orang, setiap kelompok mengambil bahan yanh telah disediakan termasuk kertas lakmus merah dan biru serta Lembar Kegiatan Siswa.
Untuk prosedur yang tercantum di LKS, saya menuntun siswa untuk memasukkan kertas lakmus biru ke dalam sebuah larutan kemudian memperhatikan warna kertas saat berada di dalam larutan kemudian menuliskan pada tabel, kemudian memasukkan kertas lakmus merah dan memperhatikan warna kertas saat di dalam larutan lalu hasilnya dituliskan di tabel. Demikian seterusnya sampai semua larutan dapat diuji.
Siswa terlihat bersemangat sehingga tanpa terasa, waktu 40 menit hampir habis dan siswa dapat menyebutkan larutan mana saja yang termasuk asam, basa dan netral.