Senin, 19 Agustus 2013

Kursus Online Teaching and Learning 1 (minggu 1)



Sejak minggu lalu aku mengikuti kursus online tentang Teaching and Learning yang diadakan oleh www.coursera.org, ternyata walaupun aku telah mengajar lebih dari 10 tahun, tapi saat mengikuti kursus ini rasanya pandanganku dan pengetahuanku tentang belajar dan mengajar serasa terlalu dangkal dan masih banyak yang harus aku pelajari.

Kursus ini diadakan oleh Commenwealth of Education Trust dan materi disampaikan oleh 
Profesor Mac Beath

Kursus ini terbagi dalam 4 minggu, setiap minggu diadakan kuis. Perminggu ada 4 materi yang harus dipelajari yang disediakan dalam bentuk video, power point dan text.

Kursus minggu 1
Video 1 Tentang kursus
Tujuan mengajar : bukan untuk menghasilkan pembelajaran, tapi untuk menghasilkan kondisi untuk pembelajaran.
Kursus minggu 1 video 2
Pertanyaan penting :
  • Apa arti menjadi guru?
  • Apa yg sudah saya pelajari tentang mengajar?
  • Apa pengalaman mengajar saya yang paling kuat?
 Hal yang berkaitan dengan mengajar :

1.       Rencana mengajar
2.       Peserta didik dan pembelajaran
3.       Kurikulum
4.       Ujian
5.       Profesionalitas
6.       Hubungan dengan pihak lain

Yang harus kita ketahui sebelum membuat rencana pembelajaran :

1.       Siapa peserta didik kita?

2.       Apa yang mereka ketahui, mereka rasakan  dan mereka kerjakan?

3.        Bagaimana kita mendorong murid kita ke jalan yang benar dan berarti bagi mereka?

4.       Apa strategi yang paling efektif untuk menggiatkan pembelajaran?

5.       Apa teori pokok dalam pembelajaran?

Pertanyaan tentang kurikulum :

1.       Apa arti ‘kurikulum’ bagi kita?

2.       Adakah pengertian yang lain dari ‘kurikulum’?

3.       Apa perbedaan pengertian kedua ‘kurikulum tersebut?

4.       Apa hubungan antara murid saya dengan kurikulum?

5.       Bagaimana saya menggunakan kurikulum untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran pada siswa?

Rencana Mengajar dan pembelajaran (rencana persiapan pembelajaran)

1.       Formulating Goals (menetapkan tujuan)

2.       Engaging student (mempersiapkan siswa)

3.       Planning lessons (Perencanaan pelajaran)

4.       Organising resourses (mengatur sumber belajar)

5.       Developing strategis (mengembangkan strategi)

6.       Comunicating achievement (komunikasi yang baik)

Macam-macam tes

1.       Tes diaknostik

2.       Tes formatif

3.       Tes sumatif

4.       Rapor

Diantara ketiga tes tersebut harus ada feedback atau evaluasi bagi kita.
Pengembangan hubungan dengan :

1.       Siswa

2.       Teman sejawat

3.       Keluarga

4.       Komunitas yang lebih luas

5.       Kepala sekolah

Apa pengertian menjadi guru professional?

1.       Etika (sopan santun)

2.       Kode etik dan standar mengajar

3.       Tanggung jawab secara administrative

4.       Filisofi pribadi dalam mengajar

5.       Menjadi bagian dari komunitas pembelajaran untuk berbagi ilmu

6.       Mencari nasehat bagaimana meningkatkan pengajaran

7.       Rencana pengembangan masa depan sebagai guru

Apa yang kita inginkan untuk anak-anak kita?
Menurut Gadner  (1999) , saya ingin anak-anak saya mengerti tentang dunia bukan hanya Karena dunia sangat menarik dan pikiran manusia sangat ingin tahu , tapi saya ingin mereka mengerti dunia agar mereka dapat membuat dunia lebih baik.

Pengetahuan tidak sama dengan moral, tapi kita harus mempunyai pengetahuan untuk menghindari kesalahan masa lalu dan bergerak kea rah yang produktif. Bagian penting dari pengertian ini  adalh mengetahui siapa kita dan apa yang dapt kita lakukan. (Gagner 1999, 180-181

1 komentar:

  1. She is a passionate sweeper, with tens of thousands of dollars 온라인카지노 worth of prize wins to her name, and she has been sharing recommendation about the way to|tips on how to} be a winner for over a decade. Erving Goffman, the legendary social psychologist who quickly as} labored as a blackjack dealer in Vegas, dismissed them as not being a correct "sociological entity" – after all, there wasn't much social interaction at work. Anthropologist Clifford Geertz called slots "silly mechanical cranks", of curiosity solely to "women, youngsters, adolescents… the extremely poor, the socially despised, and the personally idiosyncratic".

    BalasHapus