Jumat, 15 September 2017
Perjalanan Menuju Diklat dari Sampang ke BPMTV Kuangsan Sidoarjo
Hari ini, berbekal ijin dari kepala sekolah, dan undangan dari Pustekkom, saya berangkat menuju Diklat Pengembangan Media Pembelajaran yang bertempat di BPMTV Kuangsan di Sidoarjo, tepatnya jl. Mangkurejo, Sidoarjo.
Mulanya saya berencana akan ikut bus jurusan Bungurasih, tapi setelah ditunggu 20 menit gak mincul juga, saya mulai gelisah, karena kalau sudah terlalu siang, maka saya akan terjebak macet karena ada perbaikan jembatan di Blega. Akhirnya saat ada bus mini yang menawari langsung ke Surabaya, saya langsung naik sehingga saat melewati Blega, Alhamdulillah tidak terlalu macet. Sampai di Surabaya, ternyata bus mini hanya bisa mengantar sampai  Kedinding, saya terpaksa ikut lyn biru menuju ke Perak dan melanjutkan perjalanan menumpang bus damri ke terminal Bungurasih. Sampai di Bungurasih, saya masih harus melanjutkan perjalanan dengan Gojek menuju BPMTV Kuangsan.
Sabtu, 26 Agustus 2017
Program PKB berdasarkan UKG dan Nilai UN, USBN dan US/M
Penguatan narasumber PKB di Bali tanggal 22-25 Agustus 2017 memberikan perspektif baru berkaitan dengan pelaksanaan PKB. Penentuan modul PKB yang akan dilaksanakan di sebuah kabupaten nantinya akan ditentukan berdasarkan hasil UKG guru dan nilai UN siswa di kabupaten tersebut. 
Jadi sebelum ketua komunitas menentukan modul yang akan dipelajari, mereka harus menganalisis hasil UN di kabupaten tersebut dipadukan dengan modul yang direkomendasikan oleh P4TK sehingga diketahui modul dan materi pelatihan yang diperlukan oleh guru-guru di daerah tersebut. Karena hanya 2 modul yang masuk dalam program PKB dalam satu tahun, maka materi lain yang berkaitan dengan kemampuan pedagogi dan profesional guru yang memang diperlukan oleh guru berdasarkan hasil analisis tersebut dilakukan secara mandiri melalui kelompok kerja guru.
Untuk membantu analisis UN, berikut link yang memuat aplikasi Pamer 2017 versi uji coba.
Untuk download aplikasi Pamer 2017 silahkan klik disini Pamer 2017
Sabtu, 19 Agustus 2017
Menjadi Guru Kreatif melalui Diklat Online
💐Bagaimana Menjadi Guru Kreatif, Menjadi Penulis Buku, dan Pandai Mendongeng dalam 30 Hari ?
🤝Sekarang Anda bisa bergabung bersama kami !
disinilah tempatnya buat Anda untuk mendapatkan semuanya
😃Akhirnya Diklat Online Guru Kreatif Abad 21 untuk angkatan Ke-18 dibuka !
😊inilah jawaban dari do’a para guru selama ini yang sibuk ngajar dan sibuk kerja namun mau terus belajar dan menimba ilmu.......
🖋Sekarang telah dibuka DIKLAT ONLINE GURU KREATIF ABAD 21 angkatan ke- 18 ( 24 Agustus s.d 24 September 2017)
Dengan jadwal Diklat sebagai berikut :
--> Hari Senin dengan tema Penelitian Tindakan Kelas bersama Ibu Witra Ria Rahmi, S.Pd (Coach PTK GGDN)
--> Hari Selasa dengan tema Android Untuk Pembelajaran bersama Bapak Tata Subrata, S.Pd (Coach Animasi Pembelajaran GGDN)
--> Hari Rabu dengan tema Praktek Mendongeng bersama Kak Jendro, S,Pd (Pendongeng Nasional)
--> Hari Kamis dengan tema 30 hari Menulis bersama Ibu Nurus Samawati Annisa, S.Pd (Coach Menulis GGDN)
--> Hari Sabtu dengan tema Teacher Trainer Bersama Bapak Sambadar, Cht,S.Pd (Guru sekaligus Trainer Quality Life Manajemen)
7 Alasan mengapa Anda harus ikut Diklat Online ini !
1. Diklat ini dilakukan secara online, Anda bisa mengikutinya dimanapun Anda berada tanpa harus mengeluarkan biaya tranportasi dan penginapan
2. Materi sangat cocok dengan kebutuhan mengajar guru
3. Investasinya jauh lebih terjangkau daripada ikut pelatihan tatap muka
4. Ilmu yang dibahas sangat Aplikatif 
5. Narasumber adalah mereka yang sangat kompeten dan berpengalaman dibidangnya
6. dijamin Anda bisa menulis Buku dalam 30 hari
7. Sudah terbukti Menghasilkan Karya berupa Buku, Animasi Pembelajaran dll
🔍Normal Rp. 3.500.000
 Bagi Anda yang daftar hari ini hanya 275rb saja
🎉Spesial !
Dapatkan Ebook dan E-materi Gratis buat Anda 
Diantaranya : 
1. E-book Rahasia Guru dahsyat senilai Rp.50.000
2. E-book Motivasi Cara Nabi senilai Rp.50.000
3. E-book 7 Rahasia Guru Dahsyat senilai Rp.50.000
4. E-book Hypnoteaching For Trainer senilai Rp.50.000
5. Materi Hypnotahfidz senilai Rp.50.000
6. Materi Mentor Teacher Trainer senilai Rp. 50.000
7. E-book materi pelatihan bulan Mei senilai Rp.75.000
8. E-book materi pelatihan bulan juni senilai Rp.75.000
9. Materi seminar Kurikulum Langit senilai Rp.50.000
10. Materi seminar I'm not best but I'm limited edition senilai Rp.50.000
11. E-Book pelatihan Guru Kreatif bulan Agustus Rp. 75.000
12. Materi Mendidik Cara Nabi senilai Rp. 75.000
13. Materi Display Kelas Senilai Rp. 75.000
14 . Materi Teacher Preneur Senilai Rp. 75.000
15. Materi Menulis Buku Populer Senilai Rp.75.000
16. Materi Publick Speaking Senilai Rp.75.000
17. Materi Motivasi & Inspirasi Pendidikan Senilai Rp.75.000
18. Ebook 9 Jurus Guru Bebas Finansial senilai Rp. 50.000
19. Ebook Guru 5 Dimensi Senilai Rp. 275.000
20. Materi Penelitian Tindakan Kelas Rp. 275.000
21. Ebook Guru Abad ke-21 senilai Rp. 275.000
22. Ebook Kami Guru senilai Rp. 275.000
23. Ebook 90 Menit Inspirasi Guru senilai Rp. 275.000
24. Ebook The Power Of Teach senilai Rp. 200.00
25. Materi Revisi Kurukulum 2013 senilai Rp. 275.000
26. Ebook Teacher Visioner senilai Rp. 275.000
27. Ebook Digital Teacher senilai Rp. 275.000
🎁Bonus Spesial buat Anda dapatkan Aplikasi VideoScribe & Aplikasi Pembelajaran lainnya
👍Ya hanya Rp. 275rb 
Dengan total bonus senilai Rp. 3.500.000+
GRATIS tambahan 10 Ebook Marketing senilai RP. 2.000.000+  dan Audio Rahasia Guru Dahsyat senilai Rp. 1.000.000
🔖Selain itu Anda juga akan mendapat E-sertifikat dengan Total 40+  jam Diklat serta konsultasi gratis.
Pendaftaran mulai 23 Juli 2017 
Diklatnya tanggal 24 Agustus s.d 24 September 2017
⏱Jadwalnya pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu
Pukul: 15.00-17.00 WIB
Tempat : Online Via Grup WhatsApp & Telegram 
🏷Garansi 100% uang kembali jika Diklat ini tidak bermanfaat untuk Anda.
📲Tunggu apalagi buruan daftar sekarang juga 
ketik” Daftar_ nama lengkap_tempat tugas_ alamat e-mail” 
Lalu kirim ke WA di WA 
081703676096
📌NB : Kuota terbatas hanya 1000 peserta saja dan pastikan bahwa Anda sudah dapat kuota pesertanya
sudah 10.000+
Senin, 07 Agustus 2017
Implementasi Jigsaw pada pembelajaran
Hari ini pelajaran kelas 9 sampai pada materi "Penyakit yang mengganggu organ ekskresi. Saya akan mencoba menggunakan metode Jigsaw karena penyakit yang dibahas meliputi penyakit yang mengganggu 4 organ ekskresi. 
Tahap pertama : 
Saya kelompokkan peserta didik menjadi 4 kelompok ahli. Siswa diminta menyebutkan angka 1-4 dan meminta mereka yang menyebutkan angka yang sama untuk berkumpul. 1 kelompok siswa terdiri dari 5 atau 6 orang karena jumlah kelas 9B ini 23 orang. Ternyata karena mereka berhitung secara urut, dan posisi tempat duduk, maka ada 2 kelompok yang beranggotakan laki-laki semua dan 2 kelompok yang beranggotakan perempuan semua sehingga ada siswa yang menyeletuk "tidak rata bu, pengelompokannya, tidak ada anggota perempuan di kelompok kami". Sebenarnya anak laki-laki berharap ada anggota perempuan supaya ada yang menuliskan hasil diskusinya. Tapi saya tekankan supaya semua anggota harus menuliskan hasil diskusinya karena nantinya kelompok mereka akan dirombak kembali sehingga nantinya kelompok akhir akan terdiri dari kelompok ahli penyakit pada ginjal, kulit, paru-paru dan hati. Saya membagi tugas kepada kelompok ahli sebagai berikut :
Kelompok 1 ==> membahas penyakit yang mengganggu Ginjal
Kelompok 2 ==> membahas penyakit yang mengganggu Kulit
Kelompok 3 ==> membahas penyakit yang mengganggu Hati
Kelompok 4 ==> membahas penyakit yang mengganggu Paru-paru
Saya meminta mereka berdiskusi dan membahas penyakit-penyakit yang menggangu pada masing-masing organ ekskresi yang berkaitan dengan gejala, penyebab dan cara mencegah atau mengobatinya. Hasil diskusi dituangkan ke dalam sebuah tabel sehingga memudahkan dalam mempelajarinya. Diskusi kelompok ahli berjalan lancar hanya terkendala dalam membuat tabel karena sebagian siswa tidak membawa penggaris. Setelah 1 jam pelajaran berlangsung, mereka masih memerlukan waktu untuk menulis hasil diskusinya karena ada kelompok yang belum selesai, sehingga saya memberikan tambahan waktu 10 menit. 
Tahap kedua: 
Saya meminta siswa untuk menyebut angka 1 sampai 6 untuk masing-masing kelompok sehingga akan terbentuk 6 kelompok yang beranggotakan para ahli dari kelompok asal tadi. Nah, saat ini seharusnya siswa saling menjelaskan kepada anggota kelompok tentang materi yang mereka pelajari di kelompok ahli sehingga semua anggota kelompok mengerti tentang penyakit yang menyerang semua organ ekskresi. Tetapi siswa ternyata hanya saling meminjam catatan, sehingga waktu yang diperlukan lebih lama. Saya sudah mengarahkan supaya salah seorang membacakan hasil diskusi dari kelompok ahli kemudian anggota kelompok yang lain mencatatnya, begitu seterusnya pada anggota yang lain secara bergantian. 
Akhirnya sampai jam pelajaran selesai, belum ada 1 kelompok pun yang selesai. Saya meminta mereka melanjutkan diskusinya di rumah dan untuk pertemuan selanjutnya akan diadakan presentasi dari masing-masing kelompok.
Tahap ketiga:
Pada tatap muka selanjutnya, diadakan presentasi masing-masing kelompok. Mereka mempresentasikan hasil diskusi kelompok yang mereka lakukan. Kelompok 1 mempresentasikan hasil diskusi tentang penyakit yang menyerang ginjal. Kelompok 2 mempresentasikan hasil diskusi tentang penyakit yang menyerang kulit, kelompok 3 mempresentasikan tentang penyakit yang menyerang paru-paru, kelompok 4 mempresentasikan tentang penyakit yang menyerang hati.
Tahap keempat :
Saya memberikan kasimpulan dan penguatan berkaitan dengan penyakit yang menyerang sistem ekskresi. Terakhir giliran saya yang memberikan pertanyaan lisan kepada siswa untuk penilaian akhir.
Kamis, 15 Juni 2017
Pertanyaan seputar Program PKB
A.  APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN  BERKELANJUTAN? 
Program  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan  adalah  program  yang  bertujuan  untuk meningkatkan  kompetensi  guru,  khususnya  untuk  mengembangkan  keterampilan  instruksional dan  pengetahuan  terhadap  konten  pembelajaran  yang  diampu. 
B.  SIAPA  YANG DAPAT MENGIKUTI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN  BERKELANJUTAN? 
Guru  yang  dapat  mengikuti  Program  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan  adalah  guru yang: 
1.  Profil  hasil  UKG-nya  menunjukkan  terdapat  3  (tiga)  hingga  10  (sepuluh)  kelompok kompetensi  yang  nilainya  di  bawah  KCM  (65).  Jika  guru  tersebut  belum  melakukan  UKG atau  telah  melakukan  UKG  namun  dengan  mata  pelajaran/paket  keahlian/jenjang  yang tidak  sesuai,  maka  guru  tersebut  diwajibkan  untuk  melakukan  tes  awal  dengan menggunakan  sistem  UKG. 
2.  Terdaftar  di  dalam  Komunitas  GTK  pada  Sistem  Informasi  Manajemen  (SIM) Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan. 
3.  Berada  di  wilayah  yang  tersedia  akses/jaringan  internet  (khusus  untuk  peserta  yang mengikuti  Program  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan  moda  daring  dan  daring kombinasi). 
4.  Bersedia  melaksanakan  pembelajaran  dengan  kemauan  dan  komitmen  yang  tinggi. Program  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan  mewajibkan  peserta  untuk menyelesaikan  setidaknya  2  (dua) kelompok kompetensi yang nilainya paling  rendah dalam satu  tahun  program  berjalan  dan  atau  2  (dua)  modul  prioritas  yang  sudah  ditentukan dengan  moda  yang  ditentukan  oleh  penyelenggara  Program  Pengembangan  Keprofesian Berkelanjutan  pada  kurun  waktu  1  (satu)  tahun. 
C.  APA ITU  SIM PKB? 
SIM  PKB  adalah  Sistem  Informasi  Manajemen  yang  digunakan  pada  Program  Pengembangan Keprofesian  Berkelanjutan.  SIM  PKB  merupakan  alat  penghasil  informasi  untuk  mengelola  data dan  sebagai  pusat  pengaturan  layanan  bagi  Pengembangan  Keprofesian  Berkelanjutan. 
D.  APA ALAMAT WEBSITE SIM PKB? 
Website:  sim.gurupembelajar.id 
E.  APA YANG HARUS GURU LAKUKAN UNTUK MEMPEROLEH AKUN SIM PKB? 
1.  GURU YANG SUDAH MELAKUKAN UKG TAHUN 2015 
Penerbitan  akun  guru  yang  sudah  melakukan  UKG  tahun  2015  dapat  dilakukan  dengan melakukan  Registrasi  Akun  di  SIM  PKB.  Lakukanlah  langkah-langkah  berikut: a.  Pilih  menu  Registrasi  Akun b.  Masukkan  Nomor  Peserta  UKG  2015  dan  Tanggal  Lahir  Anda c.  Klik  kotak  kecil  Saya  bukan  robot d.  Klik  Register 2.  GURU YANG BELUM MELAKUKAN UKG Penerbitan  akun  guru  yang  belum  melakukan  UKG  dapat  dilakukan  dengan  melakukan langkah-langkah  berikut: a.  Pilih  menu  Registrasi  Akun b.  Pilih  menu  Cari  No.  UKG c.  Pilih  nama  Provinsi,  Kota/Kabupaten,  dan  masukkan  Nama  Anda d.  Klik  Cari  GTK e.  Cari  Nama  dan  Instansi  Anda,  kemudian  Catat  No  Peserta  UKG  Anda. f. Lakukan  Registrasi  Akun  seperti  langkah-langkah  pada  poin  1  bagian  A. F.  APA YANG HARUS GURU LAKUKAN JIKA LUPA PASSWORD AKUN SIM PKB? Jika  Anda  lupa  password  akun  di  SIM  PKB,  Anda  dapat  menghubungi  pihak  berikut  untuk dilakukan  RESET  PASSWORD. 1.  Ketua  Komunitas 2.  Operator  Dinas  Kabupaten/Kota/Provinsi 3.  Admin  UPT (P4TK/LP3TK) G.  MENGAPA GURU HARUS MELAKUKAN VERIFIKASI DAN VALIDASI SEKOLAH  INDUK DAN MAPEL  DI  SIM  PKB? Semua  guru  diwajibkan  untuk  melakukan  verifikasi  dan  validasi  Sakolah  Induk  dan  Mata Pelajaran  di  SIM  PKB.  Hal  ini  dilakukan  untuk  memastikkan  tidak  terjadinya ketidaksesuaian/salah  jenjang/mapel  pada  saat  melakukan  Pengembangan  Keprofesian Berkelanjutan. Berikut  adalah  langkah-langkah  dalam  melakukan  verifikasi  dan  validasi  Sakolah  Induk  dan Mata  Pelajaran  di  SIM  PKB  : 1.  Guru  login  ke  SIM  PKB 
2.  Pada  saat  login,  Anda  akan  langsung  diminta  untuk  melakukan  verval  Sekolah  Induk  dan Mapel  terlebih  dahulu. 
3.  Jika  Sekolah  Induk  dan  Mapel  TELAH  SESUAI,  maka  Anda  dapat  langsung  meng-klik SIMPAN. 
4.  Jika  Sekolah  Induk  dan  Mapel  TIDAK  SESUAI,  maka  Anda  dapat  melakukan  pemutakhiran data  seperti  langkah-langkah  yang  dijelaskan  pada  poin  8. 
H.  BAGAIMANA  CARA  MELAKUKAN  PEMUTAKHIRAN/PERUBAHAN  DATA  SEKOLAH  INDUK DAN MAPEL DI SIM PKB? 
Jika  Anda  mendapati  bahwa  jenjang/mapel  yang  tercantum  dalam  SIM  PKB  tidak  sesuai dengan  bidang  ajar  yang  harus  Anda  ajarkan  di  sekolah,  maka  Anda  dapat  melakukan pemutakhiran  data  di  SIM  PKB  dengan  melakukan  langkah-langkah  berikut: 
1.  PEMUTAKHIRAN  PROFIL  SATMINKAL GURU Prosedur  untuk  melakukan  pemutakhiran  Sekolah  Satminkal  guru  dapat  dilakukan  dengan langkah-langkah  berikut  : 
a.  Klik  ikon  pensil  pada  kolom  Sekolah  induk/satminkal. 
b.  Pilihlah  nama  sekolah  induk/satminkal  sekarang.  Untuk  memudahkan  dalam  mencari satminkal,  ketikkan  nama  sekolah  di  menu  pencarian. 
c.  Klik  SIMPAN. 
2.  PEMUTAKHIRAN  PROFIL  MATA  PELAJARAN  GURU 
Prosedur  untuk  melakukan  pemutakhiran  Mata  Pelajaran  (Mapel)  guru  dapat  dilakukan dengan  langkah-langkah  berikut  : 
a.  Klik  ikon  pensil  pada  kolom  Mata  Pelajaran. 
b.  Pilihlah  Mata  Pelajaran  yang  menjadi  bidang  ajar  sekarang. 
c.  Klik  Pilih. d.  Klik  SIMPAN. Jika  Anda  melakukan  perubahan  data  jenjang/mapel  di  SIM  PKB,  maka  ketika  Anda  klik SIMPAN  akan  muncul  kotak  informasi  seperti  berikut.  Klik  tombol  CETAK  untuk  mencetak SURAT PENGAJUAN PERUBAHAN DATA PTK. 
Jika  Anda  melakukan  perubahan  jenjang/mapel,  maka  Anda: 
a.  WAJIB  LAPOR  ke  Dinas  Pendidikan  Kabupaten/Kota/Provinsi  dengan  menghubungi Operator  Dinas  SIM  dan  membawa  serta  SURAT  PENGAJUAN  PERUBAHAN  DATA yang  dicetak  di  SIM  PKB. 
b.  Perubahan  data  yang  Anda  lakukan  dinyatakan  SELESAI  jika  Dinas  Pendidikan  telah menyetujui  perubahan  data  yang  Anda  lakukan  melalui  SIM  PKB,  dan  memberikan TANDA  BUKTI  PERSETUJUAN  PERUBAHAN  DATA. 
Hal  yang  harus  diperhatikan  dalam  melakukan  pemutakhiran  data  sekolah  induk/satminkal atau  Mapel: 
a.  Jika  Guru  pindah  sekolah  keluar  wilayah  yang  sebelumnya  (berbeda kota/kab/provinsi),  atau  pindah  sekolah  ke  jenjang  yang  berbeda,  dan  sudah  terdaftar di  sebuah  Pokja  di  wilayah/jenjang  lama,  maka  Guru  tersebut  diwajibkan  untuk meminta  kepada  Ketua  Pokja  untuk  dikeluarkan  dari  pokja  tersebut. 
b.  Sistem  akan  mendeteksi  apabila  terjadi  perubahan  jenjang,  dan  sistem  akan  meminta guru  tersebut  untuk  melakukan  pemutakhiran  Mapel. 
I. SIAPA  YANG WAJIB  MELAKUKAN  TES  AWAL? 
Tes  Awal  adalah  ujian  kompetensi  yang  dilakukan  untuk  memperoleh  Profil  Kompetensi  Guru. Tes  Awal  WAJIB  diikuti  oleh  guru  yang  : 
1.  Belum  mengikuti  UKG  2015 
2.  Melakukan  pemutakhiran  Jenjang  &  Mapel Catatan  : Jika  seorang  guru  yang  sudah  memiliki  status  Mentor/IN  di  SIM  PKB  melakukan  perubahan jenjang/mapel  dan  melaksanakan  Tes  Awal,  maka  secara  otomatis  status  Mentor/IN  guru tersebut  di  SIM  PKB  akan  ter-reset. 
J.  BAGAIMANA  JIKA  PENGAJUAN PERUBAHAN  DATA YANG DILAKUKAN TIDAK  DISETUJUI OLEH  DINAS  PENDIDIKAN? 
Jika  Dinas  Pendidikan  TIDAK  menyetujui  pengajuan  perubahan  data  yang  dilakukan,  maka Saudara  diminta  untuk  melakukan  pembatalan  ajuan  dengan  mengklik  tombol Batal  Ajuan  pada box  yang  muncul  di  halaman  beranda. 
Sumber: Pertanyaan seputar PKB.pdf dari WA ketua MGMP IPA
Minggu, 04 Juni 2017
Aku bukan penulis
Aku bukan penulis, gak pernah bisa menulis. Saat aku mulai menulis, selalu saja ada halangan dan alasan. Gak ada waktu, takut menyinggung orang lain, takut kena undanh-undang ITE dan lain-lain. Jika aku ingin menumpahkan isi hatiku yang tidak bisa kusampaikan pada orang lain, aku tuliskan dalam diary-ku. 
Tapi sekarang, ada keinginan yang menggebu dalam diriku untuk menulis setelah ikut satu kali pelatihan menulis yang diadakan Media Guru yang dikomandani pak Mohammad Ikhsan. beliau tidak henti-hentinya ngompori para guru untuk menulis. 
Memang masih ada keterbatasan dalam diriku, tapi dengan membuat blog ini, setidaknya aku bisa membagi pengalaman mengajarku. Tapi berhubung aku masih tahap belajar menulis, mungkin masih banyak informasi di blog ini yang hanya copas saja. Tapi saya akan cantumkan sumbernya. Jadi mohon maaf jika ada yang merasa tulisannya dicopas, karena blog ini juga sebagai pengganti diary untuk menyimpan apa yang saya baca yang sekiranya bermanfaat dan boaa dibagikan kepada orang lain.
Harapanku, semoga blog ini akan menjadi awal bagiku untuk bisa menulis, amin.
Label:
media guru,
menulis,
pelatihan,
Penulis
Lokasi:
Amerika Serikat
Selasa, 30 Mei 2017
Modus baru penipuan, salah kirim kode sms
Berbagai modus penipuan lewat sms seakan telah banyak dihiraukan oleh masyarakat. Namun kali ini ada sebuah modus penipuan baru yang bisa dibilang 'mulus,' dan membuat korbannya seakan-akan tak merasa ini sebuah penipuan.
Bermula dari broadcast salah seorang korban yang banyak tersebar di grup WhatsApp maupun Facebook, kini ramai modus penipuan berupa pelaku meminta 'kode rahasia' yang diklaim salah kirim ke nomor korban.
Umumnya kode transaksi atau verifikasi yang merupakan hal privasi tak akan salah kirim. Namun justru itu modusnya, di mana pelaku akan menyebut bahwa nomornya mirip dengan nomor korban hingga pihak operator bisa salah.
Berikut cerita dari calon korban.
"tadi pagi pas lagi diskusi sama timku di kantor tiba2 ada telpon masuk. suara bapak2 namanya lupa siapa.
'ibu dah terima sms dari 99733 belum? kalo udah saya minta tolong ya smsnya diforward krn xl nya salah kirim ke nomor ibu.'
trus karena lagi jam kerja juga dengan cepatnya gw jawab
'saya belum terima smsnya nanti ya saya cek dulu.'
abis itu gw cek deh bener ga ada sms itu. ternyata bener ada sms itu isinya spt di bawah ini. langsung ada pemikiran. aneh di kepala gw kok kode rahasia bisa2nya xl salah kirim ....aneh banget sesuatu yang ga mgk buat perusahaan sebesar xl bs salah kirim mesej customernya. ga lama bapak tadi telpon lagi.
'bu udah diforward belum? saya tunggu kode verifikasi dr sms itu krn pulsa saya udah kepotong dan ibu pun tdk bs menggunakan kode itu juga kok. jadi tolong diforward ya bu.'
'bapak itu sms apa sih? kok aneh ya bs salah kirim ke saya padahal nomor bapak aja beda sama sekali dgn saya. nomor bapak kan 0859...... sedangkan nomor saya 0818...'
'nomor saya ada dua bu, nomor yg saya pakai ini memang yg 0859 tapi yg saya pakai di web utk isi pulsa itu yg 0818681XXX. nomor kita kembar banget bu cuma beda di angka 8 jadi xl nya salah input.'
'ya udah pak nanti saya kroscek dulu ya ke xl center. supaya sama2 enak'
'lah kan saya dikasih no hp ibu sama xl nya bu. mereka yg minta saya hubungi ibu langsung krn mereka g bs bantu kl salah kirim begini'
'berarti bapak yg salah input nomor bukan xl dong....mana mgk xl nya kasih nomor saya...harusnya mereka yg telpon saya bukan bapaj. jadi saya akan kirim smsnya ya tapi saya cek dulu ke xl'
'jadi ibu g bisa bantu saya? uang saya tetep kepotong kok bu. ibu g rugi apa2.'
Saya langsung telpon ke XL center dan ternyata benar kalau itu salah satu modus penipuan baru yang sedang marak belakangan ini. modusnya adalah penipu belanja game online atau barang lainnya kemudian dia masukkan nomor hp.scr acak utk pendebetan pembayarannya. kemudian situs akan kirimkan sms kode rahasia yang harus diisi ke nomor hp tersebut makanya penipu itu minta nomor kode tsb ke saya utk diverifikasi ke situsnya. Mba XL nya bilang saat ini ada 3 sms pengirim yang harus diwaspadai dengan modus serupa yaitu :
1. 99737
2. MyXL
3. codapay
jangan pernah mau forward sms kode rahasia dr nomor itu karena nanti pulsa kita yang akan digunakan utk membayar pembelian game si.penipu.
jika ada sms dr no telpon yang melakukan penipuan itu bs kita blokir nomor itu dengan cara kirim sms ke 588 dengan format
no hp penipu#isiaduan
ati2 ya ibu2 dan man teman ini kebetulan yang kena nomor XL saya tapi tdk menutup.kemungkinan nomor lain kena juga karena tgt si penipu masukin nomor apa di situs belanja onlinenya...
untung hari ini saya lagi baik g langsung saya semprot tuh penipu.....dan untungnya otak lagi on jadi ngga langsung forward aja tu sms.....
semoga tidak ada yang tertipu lagi ya karena menurut mba XLnya sebelum saya sudah ada 3 korban yang langsung forward sms itu ke.penipunya dan tagihan pulsa ditanggung korban"
Seperti cerita calon korban, korban sudah benar untuk mengkonfirmasi ke XL selaku pihak operator. Jika ini terjadi pada Anda, janganlah terburu mempercayai sms aneh atau telepon aneh. Mengabaikannya adalah cara terbaik.
Pasalnya, sebenarnya kejadian yang jadi modus tersebut hampir tak akan terjadi. Hal ini dikarenakan kode verifikasi dari sebuah transaksi akan dikirim ke nomor pelaku transaksi, tak mungkin ke orang lain. Hal ini pun dilakukan oleh sistem, bukan manusia yang mungkin akan ada aspek human error.
Jika Anda memberikan kode verifikasi tersebut, tagihan akan dibebankan kepada Anda, di mana pulsa Anda akan terpotong secara sia-sia.
Semoga bermanfaat dan lebih berhati-hati.
Sumber: Merdeka.com 
Reporter Indra Cahaya
Langganan:
Komentar (Atom)
 



